Cara Membuat Api Key Youtube 2016

Google API Key adalah kode khusus yang digunakan sebagai kunci untuk mengakses fitur-fitur yang dimiliki google. Kita dapat membuat API Key di halaman Google Developers Console. Menurut pengalaman saya halaman ini telah mengalami perubahan tampilan dalam beberapa bulan ini. Setahu saya halaman ini mengalami 3 kali perubahan design sehingga sangat membingungkan bagi programer pemula karena tutorial yang tersedia di internet masih menggunakan tutorial dengan tampilan yang lama. Kita tahu google adalah perusahaan besar yang menyediakan banyak fitur menarik untuk para netizen ataupun developer yang ingin memanfaatkan fitur yang dimiliki google. Ada banyak fitur yang disediakan oleh google seperti pada gambar berikut :

Saat kita akan membuat aplikasi Youtube, website atau apapun yang memanfaatkan fitur yang dimiliki google maka kita diharuskan mendaftarkannya ke Google Developers Console sehingga kita memperoleh sebuah API Key yang nantinya digunakan dalam aplikasi kita. Jadi intinya API Key ini adalah sebuah kunci yang digunakan untuk membuka akses dari aplikasi kita ke fitur yang dimiliki google. Dari banyaknya fitur tersebut, Saya hanya akan mencontohkan bagaimana cara mendapatkan API Key untuk Youtube.

API Key yang akan kita buat nanti sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk memanfaatkan aplikasi maps di Youtube. Namun bisa digunakan untuk menggunakan fitur google yang lain. Jadi jangan salah mengambil kesimpulan kalau API Key ini hanya dapat digunakan untuk membuat Maps di Youtube  Mari ikuti langkah langkahnya :

* Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat email gmail agar dapat masuk ke akun Google Developers Console. Setelah email siap, silahkan masuk ke Google Developers Console...

klik kotak biru "use google api's"





* Buat project baru dengan cara klik Create Project dan masukan nama projectnya



lalu CreateSetelah project berhasil dibuat sekarang kamu klik projectnya kemudian akan keluar halaman seperti berikut :

*Masuk pada youtube APIs. Akan terlihat halaman sebagai berikut :



Pada ketegori Google Maps APIs pilih Google Maps Youtube API maka akan menuju ke halaman baru. Silahkan kamu klik tombol Enable API di pojok kiri atas.



*Sekarang saatnya kita buat API Key, Pilih menu Credentials



Setelah kode muncul silahkan copy api key nya! Selamat api key telah berhasil dibuat.


API Key yang telah kita buat ini dapat kita manfaatkan pada aplikasi Youtube yang kita buat dimana aplikasi Youtube yang kita buat nanti dapat memanfaatkan fitur-fitur yang di miliki google sesuai fitur yang telah kamu aktifkan pada langkah ke 3. Terdapat banyak fitur yang di sediakan google, jadi jangan hanya menggunakan fitur maps untuk aplikasi yang kamu buat. Kembangkan aplikasi kamu untuk fitur google yang lainnya
Facebook CommentsShowHide

0 komentar