Makalah membuat cloning so dengan menggunakan northon ghost dan live cd


Pengertian Cloning So
Proses Cloning yang sering kita dengar belakangan ini tidak hanya dapat di gunakan pada manusia atau hewan saja, tetapi dalam computer proses ini juga berlaku. Pada computer, selain kita kenal PC Cloning ternyata yerdapat istilah yang lain lagi, yaitu Cloning harddisk. Proses Cloning harddisk dilakukan dengan menduplikasi atau menggadakan data secara utuh dan sama persis semua isinya dengan harddisk sumbernya.
     Cloning harddisk adalah penduplikasian atau penggandaan yang di lakukan pada suatu harddisk yang lain. Missal harddisk A sudah berisi program lengkap, dan harddisk B masih kosong atau dengan kata lain belum terisi program sama sekali. Dengan melakukan Cloning dari harddisk A ke harddisk B, maka kita akan mendapatkan isi dan tampilan harddisk B sama persis seperti isi dan tampilan pada harddisk A.
     Dengan proses Cloning, kita dapat melakukan semuanya dalam hitungan beberapa menit  saja. Cara ini sering digunakan oleh pemilik PC yang punya lebih dari satu, misalnya warnet atau bahkan seorang teknisi computer. Cara ini juga lebih efisien dan efektif di bandingkan dengan melakukan instalasi system operasi pada tiap- tiap harddisk, lalu menginstall program-program nya dengan cara satu persatu. Hal ini tentunya akan banyak memerlukan waktu dan menguras tenaga.
     Berbagai software yang di gunakan untuk meng-Cloningharddisk sangat banyak, misalnya Acronis Director, XXCLONE,Clone Disk, Windows Norton Commanders atau Norton Ghost. Namun bagi kita yang terbiasa dan familiar dengan windows Explorer, maka kita dapat menduplikasi atau menggandakan dua atau lebih harddisk yang identik dengan menggunakan windows explorertersebut melalui Copy dan paste. Cara yang di lakukannyapun cukup mudah, walau hanya perlu sedikit kejelian. Mengingat prosesnya yang berurutan serta tidak sedikit lama. Namun tidak selama waktu yang kita butuhkan  seperti kita menginstall Sistem operasi (OS).

     Dari banyaknya software yang dapat di gunakan untuk menCloning operating system pada computer. Penulis memilih menggunakan software SYMANTEC NORTON GHOST. Dikarenakan tampilannya yang mudah di gunakan dan simple.
     Ghost adalah program cloning disk yang di jual oleh perusahaan Symantec. Awalnya di kembangkan oleh Murray Haszard pada tahun 1995 untuk penelitian Biner. Teknologi di akui pada tahun 1998 oleh Symantec. Ghost adalah nama singkatan dari General Hardware Oriented System Transfer.

     Seiring dengan pesatnya perkembangan virus yang dapat menginfeksi computer secara tiba-tiba dan kebutuhan akan backup sebuah data, maka
Symantec Norton Ghost merupakan tool paling popular sebagai tol backup dan Cloning harddisk terutama di Indonesia dan umumnya di dunia.

DOWNLOAD SELENGKAPNYA DISINI 


Facebook CommentsShowHide

0 komentar