Exa Raudina Khoiroti ,Atlet Downhill Cantik Dari Jogjakarta



Exa Raudina Khoiroti, Atlet Sepeda BMX mengagumkan Pemenang Medali Emas ASEAN MTB Cup Seri I 2015 di Filipina, Siapapun orangnya khususnya seseorang Atlet mana yg tak merasa bangga ketika lagu Indonesia Raya diputar pada sebuah moment kemenangannya pada sebuah kompetisi internasional ? Dialah , satu diantara banyaknyaperempuan   muda yang menemukan jiwanya ada pada olahraga sepeda down-hill. Tidak banyak perempuan, apalagi usia remaja yang melirik atau terpanggil buat menggeluti olahraga yang  notabene didominasi sang kaum adam ini

Awal mula Exa terjun jadi atlet downhill dimulai menggunakan cara yang tidakdi sengaja. Kabarnya, dia sangat suka  sekali mengikuti ibunya saat bersepeda buat berkeliling kampung Nitikan, Yogyakarta ,kawasan tempat tinggalnya. Kebetulan pula ia bertemu dengan Nur Warsito, yang ketika itu masih jadi seseorang atlet sepeda asal DIY. Ia pun menemui Warsito di salah satu track BMX yang terdapat di daerah Yogyakarta.

Exa Raudina Khoiroti pun akhirnya pribadi tertarik menjadi atlet atas support orang tua serta Nur Warsito yang akhirnya menawarkannya buat mengikuti sebuah balap sepeda BMX yg ketika itu diadakan di Jepara. Exa pun akhirnya langsung setuju serta ikut turnamen tadi, ketika singkat sekitar dua hari, Exa manfaatkan dan  uniknya, ia berhasil merebut podium ketiga pada kelas Women Elite.
“Sumpah aku  nggak menyangka jika aku  ini berhasil naik podium,” tutur Exa Raudina Khoiroti, gadis yg menempuh pendidikan melalui home schooling, sembari mengenang pencapaian pertama kalinya di dunia atlet sepeda.

Mulai asal sanalah, Exa selanjutnya semakin semangat berlatih, maka tak heran hingga waktu ini telah banyak sekali medali yg dia dapatkan baik asal perlombaan nasional dan  internasional. Misalnya saja, Tahun 2014 Exa sukses membawa kembali dua medali emas hanya pada 1 bulan. Medali Emas kemenangan tersebut, Exa raih di Asean mountain Bike Cup 2014 bertempat di Sabah Malaysia pula Singapore Mountain Bike Festival Open. Di perlombaan Asean Mountain Bike Cup tersebut, Exa berhasil kalahkan Queen Ellisi yg di tahun sebelumnya jadi sang juara   Sea Games.

Waktu dekat ini, Exa Raudina Khoiroti tengah disibukkan dengan adanya jadwal latihan yang sangat padat karena akan bertanding pada sekitar 4 negara ASEAN pada ajang ASEAN Downhill Cup 2015. Pesepeda yg menjadi andalan Jogja tersebut, tengah sibuk berlatih guna mengikuti PON tahun yang akan tiba. Atas prestasinya tadi Exa pun memperoleh donasi sepeda baru dari KONI menggunakan harga kurang lebih Rp 110 juta.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar