MAKALAH CAPSTAN



.Ø  Mesin Tambat ( Capstan )
Peralatan ini berfungsi untuk mengikat kapal pada saat kapal sandar/berlabuh.Sistem ini terdiri dari Bollard,Fairlead dan roller chock, warping winch/capstan. Desain sistem moring ini biasanya didasarkan pada perencanaan untuk menahan kapal  terhadap semua gaya yang merugikan yang mungkin dialami kapal selama beroperasi. Berdasar hasil penelitian 90% angin kencang yang terjadi pada pelabuhan komersial berkecepatan 35 knot

Ø  capstan  (mesin penarik tali tambat)
·         Adalah Drum vertikal yang digerakkan oleh motor untuk  penambatan/menarik kapal di dermaga yang akan berlabuh .
  • Macam-macam tenaga motor penggeraknya yaitu :
    • Steam drive.
    • Electric drive.
    • Hydraulic drive.
    • Peletakan motor penggerak capstan yaitu di bawah dek untuk untuk menghindari lingkungan yang beragam dan terlindung dari cuaca.
    • Capstan adalah terbuat dari caststeel atau steel yang di las.
    • Penggerakkan capstan bisa dengan gear reduksi atau dikopling langsung dengan motornya. Seperti yang tergambar sebagai berikut :
      • Persyaratan CAPSTAN :
        • Dapat digerakkan dua arah.
        • Dapat dioperasikan dengan tangan apabila penggerak utama terganggu.
        • Kecepatan mengulur tali 70-80 fpm, kecepatan menarik (berbeban) ± 30 fpm.
        • Kekuatan motor harus dapat berfungsi pada Full Load. Kekuatan daya tarik 75%  dari kekuatan maksimal.
  • Capstan dibuat berdasarkan beberapa komponen pokok, yaitu :
    • Kemampuan/Reliability.
    • Kekasaran.
    • Tahan air.
    • Pertimbangan lain-lain seperti ekonomis, kebisingan, berat dsb adalah hal –hal yang dinomorduakan.
      • Perhitungan pada CAPSTAN.
Gaya tarik pada penggulung  Warping Winch.
Tw  = Rb . 1/5     kg
Dimana :
Rb  :  Tegangan putus tali tambat.
Kecepatan pada sebuah barrel capstan untuk mengangkat tali tambat dapat dilihat. Pada tabel dibawah ini yang diambil dari  the central  Marine Research Institut dari Rusia :
Tarikan Barrel capstan (Kg)
Pengangkatan Tali Tambat (m/s)
Tenaga yang digunakan (kg.m/s)
1200
0.3
350
3000
0.25
750
4500
0.2
1000
Ada tiga macam penyusunan Capstan yang umum digunakan. Dalam suatu penyusunan motor, elektrik brake, gear reducer dan capstan head diletakkan semuanya pada weather Deck. Penyusunan yang kedua adalah hanya capstan head yang diletakkan pada weather deck, dengan motor electric brake dan gear reducer tergantung dibawah weather deck. Penyusunan ketiga adalah hanya capstan head yang diletakkan di weather deck dengan motor, brake dan gear reducer berada di deck di bawahnya.
Keuntungan penyusunan dengan cara pertama, semua bagian dapat dirangkai oleh pembuat mesin untuk dipasang ditempat yang diinginkan oleh perencana/pembuat kapal. sedang kerugiannya bahwa motor dan brake harus menggunakan konstruksi yang kedap air, dan penempatannya yang menyusahkan.
Susunan yang kedua mempunyai keuntungan motor dan remnya diluar weather deck. Sehingga merupakan konstruksi yang tahan terhadap air. Susunan yang ketiga mempunyai masalah  meluruskan mesin penggerak dengan capstan head. Dan juga memerlukan instalasi fleksibel kopling yang dapat menyesuaikan ketidaklurusan .
·         capstan head biasanya berbentuk seperti tong. Gear reducer biasanya terdiri dari roda reduksi dan gulungan dan sebuah taji, helix, atau reduksi tulang ikan. Biasanya lebih banyak digunakan roda reduksi dan gulungan dari pada reduksi yang lain dengan keuntungan effisiensi yang lebih tinggi. Semua bantalan yang ada di reducer harus berbentuk bola atau bertipe roler. Karena diperlukan untuk akurasi pelurusan dari gear gulung.
Untuk kapal dagang biasanya ketika capstan menanggung beban tertentu ditekankan untuk tidak melebihi 40 % diri yield point dari material. Motor capstan seharusnya reversibel dan biasanya terdiri dari 2 kecepatan (penuh dan seper empat), daya konstan dan bertipe sangkar tupai. Sebuah brake seharusnya ada pada poros motor. Capstan biasanya dirancang untuk kecepatan kira-kira 30 – 35 FPM, ini kira kira sama dengan kecepatan manusia untuk melilitkan tali pada kapstan. Jika motor berkecepatan  penuh dan seperempat seperti disebutkan diatas akan menghasilkan kecepatan 120 – 140 FPM.
·         Capstan Pinmarine dapat menggunakan electric atau hydraulic drive. Peggerak utama dari electric Capstans adalah motor motor dengan reducer gear yang dapat diposisikan diatas atau dibawah deck kapal. Untuk hydraulic Capstans, penggerak utama adalah hydraulic motor dengan reducer gear
Capstan dirancang sampai kekuatan tarik 10 ton dengan variasi desain sesuai keinginan (customized)

Facebook CommentsShowHide

0 komentar